-->
Hadirkan Pemateri dari Leiden, Fakultas Dirasah Islamiyah gelar Public Lecturer
Hadirkan Pemateri dari Leiden, Fakultas Dirasah Islamiyah gelar Public Lecturer

Hadirkan Pemateri dari Leiden, Fakultas Dirasah Islamiyah gelar Public Lecturer

LPM Nusa - Fakultas Dirasah Islamiyah (FDI) Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta menggelar public Lecturer dengan tema Hadrami Arabs and Colonial Rule in the Netherlands Indies secara hybrid. Kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. N.J.G. Kaptein dari Leiden  dan Dr. A. Ginanjar Sya'ban, M. Hum Co. Founder Nahdlatut Turots sebagai pembanding untuk berdiskusi menambah wawasan para mahasiswa, Senin (24/10/2022).

Dekan Fakultas Dirasah Islamiyah KH. Jazilus Sakha' mengatakan, Forum diskusi seperti ini sangat penting digalakkan mengingat Fakultas Dirasah Islamiyah memiliki kultur, relevansi dan otoritas untuk membahas relasi antara Hadrami Arabs dan Colonial Rule di Bumi Nusantara. Selain itu beliau juga menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari menggali pengetahuan otonom Nusantara. 

"Kegiatan Ini adalah bagian dari kita menggalii pengetahuan otonom kita, menggali pengetahuan kita akar sejarah dan keilmuwan Indonesia", Ungkapnya. 

Menurut pria yang juga merupakan lulusan Negeri Jiran ini kegiatan seperti ini sejalan dengan visi misi kampus. Salah satunya meneguhkan Fakultas Dirasah Islamiyah sebagai fakultas yang berkelas internasional.

Sementara, Prof. Dr. Nico Kaptein menyampaikan materi tentang hubungan positif dari Hadrami Arab dengan Netherland melalui beberapa sikap Sayyid Usman bin Yahya ulama prolifik yang lahir di Batavia dan hingga beberapa tokoh modernis murid dari Rasyhid Ridha. Di sela penyampaian materi, dirinya sempat menggunakan Bahasa Indonesia. Hal tersebut karena dalam beberapa kesempatan Prof. Kaptein sering terlibat dalam forum ilmiah di Nusantara.

Perlu diketahui, Nico Kaptein merupakan Professor of Islam in South East Asia at the Leiden University Institute for Area Studies. Nico Kaptein juga merupakan pakar di bidang filologi, peneliti dan penulis buku Islam, kolonialisme dan zaman modern di Hindia-Belanda. (*) 


Penulis : Hanif Muslim

Editor   : Lailis


Baca juga: