-->
UNU YOGYAKARTA HADIRKAN BEASISWA FUTURE LEADERS SCHOLARSHIP PROGRAM (FLSP) HINGGA LULUS SARJANA
UNU YOGYAKARTA HADIRKAN BEASISWA FUTURE LEADERS SCHOLARSHIP PROGRAM (FLSP) HINGGA LULUS SARJANA

UNU YOGYAKARTA HADIRKAN BEASISWA FUTURE LEADERS SCHOLARSHIP PROGRAM (FLSP) HINGGA LULUS SARJANA

 

UNU Yogyakarta hadirkan beasiswa Future Leaders Scholarship Program (FLSP) yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022. Beasiswa FLSP merupakan program beasiswa yang disediakan UNU Yogyakarta dengan beragam fasilitas yang didesain untuk mencetak para pemimpin masa depan yang saleh serta menduduki posisi-posisi  strategis baik di level nasional maupun global.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Senawi SNHB, MP. mengatakan, penerima beasiswa ini akan memperoleh pendanaan, program kepemimpinan, organisasi, menajemen, kewirausahaan, serta keislaman dari para ahli perbidangnya. 

“Betul, Bagian dari proses peningkatan atau pengembangan,” jawab beliau ketika dihubungi tim LPM Unuyo (23/06).

Fasilitas yang ditawarkan pada program beasiswa FLSP luar biasa. Mulai dari beasiswa hingga lulus sarjana, biaya hidup selama masa kuliah, asrama, uang buku per semester,uang skripsi, paket data dan internet,kursus Bahasa Inggris, paket pengembangan diri, serta mentorship dengan para profesional. Total beasiswa ini mencapai 135 juta rupiah per orang.

Untuk kualifikasi  Future Leaders Scholarship Program (FLSP) sendiri antara lain, peserta haruslah seorang pembelajar yang punya growth mindset, penyuka tantangan, kreatif dan inovatif. 

Pendaftaran beasiswa tersebut dibagi dalam dua gelombang, untuk gelombang pertama di mulai tanggal 25- Juni hingga 20 Juli untuk gelombang kedua 21 Juli hingga 15 Agustus. Kuota yang disediakan pada program beasiswa ini sebanyak 30 mahasiswa baru. Pada gelombang pertama 15 kuota serta gelombang kedua 15 kuota.

Cara apply beasiswa ini, mahasiswa baru hanya perlu mengirim CV, dan mengirimkan link youtube yang memuat video pendek sekitar 3 menit yang menjelaskan peserta sebagai kandidat terbaik dan layak memperoleh beasiswa ini. Selanjutnya, calon peserta juga diharuskan mengirimkan esai dengan tema "Imajinasi Indonesia 2045 dan Peranku di Dalamnya," serta tidak lupa menyertakan surat rekomendasi dari sekolah.

Bukan hanya beasiswa FLSP saja, UNUYO juga menawarkan berbagai varian beasiswa lainnya. Diantara beasiswa yang ditawarkan adalah: Beasiswa Keringanan Dana Pengembangan bagi Calon Mahasiswa Baru terdampak Covid-19, Beasiswa Tahfidz, Beasiswa akademik dan non akademik serta Beasiswa KIP-K. Hadirnya berbagai beasiswa ini tidak lain untuk membuka kesempatan bagi generasi emas Indonesia melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kita berharap ada 1500-2000 pendaftar untuk  kita seleksi dan yang kita terima 800 maba unggul. Mahasiswa unggul berprestasi kita alokasikan beasiswa FLSP. Mahasiswa dari keluarga miskin tetapi berprestasi kita alokasikan beasiswa KIP-Kuliah, mahasiswa yang tidak dapat masuk dua jalur beasiswa tersebut kita dorong dan beri kesempatan untuk mensubsidi dirinya sendiri,” ungkap Senawi.

Dengan adanya banyaknya beasiswa yang disediakan Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta ini, Dr. Senawi SNHB juga berharap agar dapat ikut serta dalam menghasilkan SDM yang berkompeten dan unggul.

“Dapat menghasilkan SDM unggul yang sholeh profesional sehingga dapat mengisi posisi-posisi strategis di ruang-ruang profesional semua sektor pembangunan, berkontribusi membangun negeri untuk Indonesia maju dan jaya, indonesia menanti SDM Unggul,” harapnya.

“Selain itu, ini merupakan wujud syukur kita kepada Allah SWT maka kita harus mampu mengelola NKRI, termasuk SDA dan SDM, dengan baik. Kita berharap SDM Nahdliyin Unggul, menjadi pemimpin bukan menjadi penonton,” tambahnya.

Lebih lanjut, wakil rektor bidang kemahasiswaan tersebut juga berpesan kepada seluruh mahasiswa UNU Yogyakarta agar mensosialisasikan program tersebut demi memenuhi target 800 mahasiswa baru yang unggul dan mahasiswa harus berkomitmen terhadap NU dan NKRI.

“Kita berharap semua mahasiswa UNUYO dapat membantu sosialisasi dan menemukan para calon mahasiswa untuk kita seleksi dan temukan 800 maba unggul. Semua Mahasiswa UNUYO harus berkomitmen kepada NU dan NKRI untuk Indonesia maju dan jaya. Yanuja, yakin NU jaya, Yaunuju, yakin UNUYO maju. UNUYO dari Jogja untuk Indonesia Mendorong Indonesia memimpin dunia. Mari, Kita rapatkan barisan untuk melangkah bersama, Satu komando, Kita aktualisasikan UNUYO sebagai bukti kebangkitan NU kedua dari Yogyakarta,” pesannya untuk seluruh mahasiswa UNU Yogyakarta.

 

 

Baca juga: